News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Di Tengah Pandemi Covid-19, Jokowi Lantik Riza Patria Sebagai Wagub DKI Jakarta

Di Tengah Pandemi Covid-19, Jokowi Lantik Riza Patria Sebagai Wagub DKI Jakarta


SULSEL INFO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Ahmad Riza Patria sebagai wakil gubernur DKI Jakarta  di Istana Negara, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/4/2020).

Pelantikan Riza Patria sebagai Wagub DKI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) No 40/P Tahun 2020 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sisa Masa Jabatan Tahun 2017-2022 tertanggal 14 April 2020.

Acara pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keppres oleh kepala negara kepada Ahmad Riza di Istana Merdeka, kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi dan Riza yang tampak mengenakan masker berjalan dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Prosesi kirab kemudian dilakukan Jokowi yang didampingi oleh Wakil Presiden KH Maruf Amin dan Ahmad Riza dengan berjalan kaki menuju Istana Negara. Mereka terlihat menjaga jarak satu sama lain.

Jokowi memimpin jalannya pelantikan dan membacakan sumpah jabatan yang kemudian diikuti Riza. Jokowi lantas menanyakan kesediaan Ahmad Riza sebagai wakil gubernur DKI Jakarta sebelum diambil sumpah jabatan?

"Terlebih dahulu saya akan bertanya, bersediakah saudara mengucapkan sumpah menurut agama Islam?," kata Jokowi.

"Bersedia," jawab Ahmad Riza, yang merupakan Politikus Partai Gerindra.

Jokowi kemudian meminta Ahmad Riza mengikuti dan mengulangi sumpah jabatan yang dibacakan di depan para tamu undangan.

Riza Patria yang mengenakan baju dinas wakil gubernur warna putih dengan masker kain juga berwarna putih tersebut, lalu mengucapkan sumpah jabatan dengan dibimbing oleh Presiden Jokowi.

"Demi Allah saya bersumpah, akan memenuhi kewajiban saya sebagai wakil gubernur, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata Jokowi yang diikuti Ahmad Riza.

Dalam video live streaming yang disiarkan langsung oleh Sekretariat Kepresidenan, prosesi pelantikan Ahmad Riza sendiri berlangsung tak seperti biasanya, karena dilakukan di tengah wabah pandemi Covid-19.

Jokowi yang menggunakan setelan jas warna abu-abu terlihat menggunakan masker. Suasana pelantikan pejabat negara yang biasanya ramai, kini jauh lebih sepi dibandingkan sebelumnya.

Jajaran menteri dan tamu undangan juga terlihat saling menjaga jarak. Adapun beberapa pejabat negara yang hadir antara lain Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dalam pemilihan wakil gubernur DKI Jakarta pada 23 Maret 2020 lalu hasilnya wakil dari PKS Nurmansjah Lubis mendapatkan 17 suara, sedangkan Riza Patria yang merupakan kandidat dari Fraksi Gerindra itu meraih 81 suara, dan 2 suara dianggap tidak sah.

Jumlah tersebut sesuai dengan tata tertib DPRD atas pemilihan wakil gubernur yang menyatakan pemenang kontestasi ini meraih suara 50 persen ditambah 1. Saat proses pemilihan, jumlah anggota DPRD yang hadir mencapai 100 orang dari 106 anggota.

Pergantian ini bermula dari mundurnya Sandiaga Uno sebagai Wakil Gubernur untuk mengikuti Pemilihan Presiden 2018 lalu. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebagai salah satu pengusung Anies-Sandi, sempat mengajukan dua nama: Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu.

Namun, nama keduanya tak kunjung dibahas DPRD DKI. Dua nama baru akhirnya diajukan. Selain PKS yang mengajukan Nurmansyah Lubis, Gerindra juga mengajukan Ahmad Riza Patria yang akhirnya terpilih sebagai Wagub DKI dengan suara mayoritas, 81 suara.(otn)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar