News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Lestarikan Kearifan Lokal Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Bantu Warga Membuat Perahu Tradisional

Lestarikan Kearifan Lokal Papua, Satgas Pamtas RI-PNG Bantu Warga Membuat Perahu Tradisional



SULSEL INFO  ■  Dalam rangka ikut serta melestarikan kearifan lokal asli Papua,  Prajurit Yonif MR 411/Pdw Kostrad yang tergabung dalam Satgas Pamtas RI-PNG Pos Kondo membantu pembuatan perahu tradisional “kole-kole” milik warga Kampung Kondo, Distrik Naukenjerai, Papua.

Dansatgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad Mayor Inf Rizky Aditya S.Sos., M.Han., dalam rilis tertulisnya di Merauke, Papua, Kamis (11/6/2020) menyampaikan bahwa Papua merupakan pulau di ujung timur Indonesia yang penuh dengan tradisi unik dan istimewa, baik itu dari alat musik, budaya, tarian, cindera mata sampai dengan transportasi tradisional masyarakatnya, sehingga memiliki sebutan sebagai “Surga Kecil Jatuh Ke Bumi”.

Lanjut Dansatgas mengatakan, sebagai prajurit TNI yang ditugaskan di daerah perbatasan RI-PNG sektor selatan Kabupaten Merauke, Satgas Pamtas Yonif MR 411/Pdw Kostrad disamping melaksanakan tugas pokoknya juga memiliki kegiatan teritorial seperti melestraikan kearifan lokal Papua.

“Hal itu yang dilakukan oleh 5 orang personel Pos Kondo dipimpin Kopda Anto Prasetyawan, membantu warga membuat perahu tradisional (kole-kole) sebagai transportasi tradisional masyarakat Kondo untuk mecari ikan,” ucap Rizky.

Ditambahkan oleh Mayor Inf Rizky, kegiatan tersebut juga untuk melestarikan budaya kearifan lokal Papua. Disamping itu, untuk menjalin keakraban dan mempererat tali silaturahmi dengan masyarakat Suku Kanum menjelang purna tugas yang sebentar lagi akan berakhir.

“Mudah-mudahan kebersamaan dan ikatan tali silaturahmi yang telah terbina dengan baik selama ini akan semakin menguatkan kemanunggalan TNI-Rakyat,” imbuhnya.

Sementara itu, Danpos Kondo Letda Inf Ulivo Dicky Pambudi mengatakan bahwa kedekatan anggota Pos Kondo dengan masyarakat di Kampung Kondo terjalin sangat dekat dan sudah seperti keluarga.

“Kami sangat senang dapat handir membantu masyarakat Kampung Kondo.
Kedekatan ini selalu dijaga dan terpelihara dengan baik sejak awal bertugas hingga menjelang masa purna tugas,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Saol Banggu (38) sebagai pemilik kole-kole yang sedang dibuat menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi atas perhatian dan kepedulian yang dilakukan anggota Satgas Yonif MR 411/Pdw Kostrad. “Apa yang dilakukan oleh Bapak-bapak TNI dari Pos Kondo ini sangat baik sekali, dan tentunya meringankan beban kami, semoga kedekatan ini akan terpelihara dan terjaga dengan baik,” ucapnya. (A2M)

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.

Posting Komentar